Cara Alami Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang - GALISEHAT Cara Alami Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Cara Alami Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Napas tak sedap sudah dikenal lama oleh berbagai bangsa di dunia. Penyebab utama maupun cara mengatasinya, sudah pula diketahui. Sebagian masyarakat umumnya cukup mengenal makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti jengkol, pete, biji kedaung, bawang putih, bawang bombay, kucay dan masih banyak lagi lainnya diyakini dan terbukti dapat menyebabkan bau napas tak sedap.

Demikian pula bila sariawan, gusi maupun usus akan menimbulkan bau tak sedap. Dalam istilah pengobatan tradisional, ada juga yang disebut sebagai panas dalam yang salah satu tanda pengenalnya juga napas dan mulutnya berbau tak sedap.

Sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi, selain akan merusak ketahanan gigi karena pengaruh mikroba pengurai, juga akan menjadi sumber bagi timbulnya bau tak sedap. Selain itu, ketika sedang berpuasa, napas akan menimbulkan bau. Meski menurut ajaran agama aroma napas orang yang sedang berpuasa itu dialam akhirat nanti baunya akan seperti minyak kasturi. berikut cara alami mengatasi bau mulut yang bisa anda coba.


Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang
galisehat.com




Pemicu bau

microba yang berkokol dalam mulu akan aktif bila kondisi mulut dalam keadaan asam. untuk menghambat kerja bakteri tersebut, kondisi mulut harus dibuat agak alkalis, yakni antara lain dengan menggunakan pasta gigi.

Masyarakat jaman dulu, menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dengan banyak cara. Untuk menggosok gigi, digunakan bubuk batu bata atau tanah merah, yang digosokkan memakai sabuk kelapa. Cara seperti itu dapa merusak lapisan email gigi, tapi bakteri yang berkokol didalam mulut akan terbawa terabsorpsi oleh serbuk semacam itu.

Untuk membersihkan gigi ada juga yang suka menggunakan daun alang-alang. Daun alang-alang selain berperan sebagai sikat gigi, juga sekaligus mengandung zat khusus yang bersifat antiseptik. Dengan demikian, jumlah bakteri mulut pun aa mampu dikurangi.
Lantas bagaimana bila bau mulut itu diakibatkan karena mengkonsumsi makanan tertentu seperti petai atau jengkol? Sebagian masyarakat yakin, bahwa aroma lalap berbau namun banyak penggemarnya itu, dapat ditaklukkan atau dikurangi pancaran baunya dengan cara sederhana.

Untuk menghilangkan bau mulut setelah makan petai,ada yang menganjurkan agar mengunyah makanan yang banyak serat. Serat makanan antara lain banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Jadi, disarankan makan banyak buah atau sayuran dan dikunyah luma-lumat untuk menahan si bau menyeruak dari mulut.

Lalu bagaimana kalau bau mulut itu muncul begitu saja,meski tidak mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan bau? Kalau kasusnya seperti itu, besar kemungkinan yang menyebarkan bau tak sedap berasal dari kondisi tubuh sendiri. Hal yang paling penting untuk diamati, tentu kesehatan seputar mulut. Apakah sedang di dera sariawan, ada gigi yang berlubang, atau terkena gangguan pencernaan akibat panas dalam.


Atasi bau mulut memakai tumbuhan

Alam ternyata menyediakan begitu banyak tumbuhan yang bermanfaat untuk berbagai keperluan. Untuk mengusir bau tak sedap dari mulu, juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan dari tumbuhan. Seperti lalap daun kemangi, daun randa midang, daun sambung nyawa, daun jambu mete yang dikombinasi dengan daun pepaya, konon dapat ikut meredam bau mulut. Pengalaman banyak orang, ternyata tidak hanya itu saja bila mengkonsumsi daun-daun tersebut sebagai lalap segar, sekaligus dapat terpancar bau wanginya.



semoga bermanfaat, salam admin blog galisehat.

0 Comments