Cara Mengolah Daun Alpukat Beserta Manfaatnya - Gali Sehat Cara Mengolah Daun Alpukat Beserta Manfaatnya

Cara Mengolah Daun Alpukat Beserta Manfaatnya

Daun alpukat memiliki manfaat yang luar biasa tidak hanya untuk kesehatan, namun juga untuk kecantikan. Tanaman yang tumbuh di wilayah tropis ini dikenal dengan buahnya yang lezat dan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah nya sering dijadikan jus dan jika dikonsumsi dengan rutin dapat mengatasi berbagai penyakit di dalam tubuh.

Begitu juga dengan daunnya, meski masih banyak yang belum mengetahuinya daun alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting yang dapat memelihara kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Sebagai bahan alami, daun alpukat dapat digunakan untuk pengobatan secara tradisional obat herbal memang sering dijadikan pilihan karena lebih minim efek samping dan bahannya mudah didapat.

kandungan senyawa yang terkandung di dalam daun alpukat dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit termasuk penyakit dalam. Senyawa tersebut antara lain dalam hal rasa dan warna pada buah-buahan dan sayur-sayuran disebut senyawa polifenol karena didalamnya terdapat banyak sekali manfaat bagi tubuh untuk melawan patogen seperti bakteri, virus dan jamur. Senyawa yang termasuk dalam kelompok besar yaitu sekitar 60 sampai 75% senyawa yang dapat menangkal radikal bebas dan makanan yang rendah dengan begitu tubuh akan terhindar dari penyakit degenerasi 3 setelah mengetahui kandungan senyawa yang penting. Sekarang saatnya mengetahui apa saja manfaatnya.


Manfaat Daun Alpukat
galisehat.com


1. Mengatasi kencing batu, di saluran kemih mengakibatkan rasa sakit yang hebat saat kita mengeluarkan urine. Untuk mengatasinya manfaatkan daun alpukat caranya siapkan 4 lembar daun alpukat, 5 tangkai daun buah pala Pinang dan 3 Jari gula aren tersebut dalam gelas air hingga menjadi dua setengah gelas. Bagilah menjadi 3 gelas lalu minum tiga kali sehari sampai penyakit tersebut sembuh.

2. Mengobati nyeri lambung, nyeri lambung bisa terjadi akibat terlambat makan penyakit maag kambuh atau terlalu lelah rasa sakit yang membuat kita tidak nyaman bahkan dapat menurunkan nafsu makan. Daun alpukat bisa digunakan untuk mengobati nyeri lambung caranya ambil 5 lembar daun alpukat setelah itu dicuci bersih. Biarkan hingga dingin lalu minum air rebusan tersebut. 

3. Meluruhkan batu ginjal, daun alpukat juga dapat membantu mengatasi penyakit batu ginjal sebelum batu ginjal semakin besar. Segera lakukan tindakan pengobatan cara membuat ramuan nya sama seperti cara mengatasi kencing batu pengobatan tradisional ini sebaiknya dilakukan secara rutin agar penyakit tersebut sembuh tanpa operasi.

4. Meringankan sakit kepala, ternyata sakit kepala juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi air rebusan daun alpukat hanya dengan mengambil beberapa daunnya yang masih segar lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu bisa disaring dan diminum airnya, dengan cara ini maka sakit kepala akan sembuh.

5. Mengatasi sakit pinggang, banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit pinggang bahkan penyakit yang sering melanda orang tua ini sekarang sudah mulai menjamur sehingga yang berusia muda pun bisa mengalaminya juga. Cara mengatasinya rebuslah beberapa lembar daun alpukat yang masih segar dalam 1 gelas air hingga mendidih dan Tuangkan air rebusan tersebut dalam satu gelas minum air rebusan tersebut. 

6. Menjaga saluran pernapasan, saluran pernapasan bisa saja mengalami peradangan dikarenakan berbagai faktor untuk menjaga agar saluran pernapasan selalu dalam keadaan baik kita bisa menggunakan daun alpukat. Caranya beberapa lembar daun alpukat yang telah dibersihkan dalam 1 gelas air hingga menjadi setengah gelas air rebusan tersebut lalu tambahkan air hangat minumlah ramuan tersebut secara rutin.

7. Menghaluskan kulit, tidak ada yang menyangka ternyata daun alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit. Hal ini dikarenakan daun alpukat mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan membantu mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakan ambil beberapa lembar daun alpukat cuci hingga bersih lalu biarkan selama 10 menit. Untuk mengatasi kulit kering dengan padatnya aktivitas apalagi bagi seorang wanita dan seringkali perawatan wajah di abaikan saat merasa lelah, hal tersebut bisa dijadikan masker wajah gunakan secara rutin agar kulit menjadi lembab.

8. Menghilangkan bengkak-bengkak, bisa terjadi karena adanya keragaman ataupun terbentur benda keras membantu menghilangkan rasa nyeri dan bengkak. Kita bisa menggunakan daun alpukat yang masih muda tempelkan pada bagian tubuh yang bengkak biarkan hingga 4 jam lalu bersihkan dan lihat perubahannya. 

9. Mengatasi sariawan, sariawan bisa muncul kapan saja terutama saat kita kekurangan vitamin C sariawan dapat membuat mulut menjadi tidak nyaman dan selera makan berkurang. Untuk menghilangkannya gunakanlah daun alpukat lalu tempelkan pada bagian mulut yang terdapat sariawan biarkan hingga 10 menit lalu bersihkan dengan berkumur-kumur.

10. Menghitamkan rambut, secara alami daun alpukat juga dapat membantu menghitamkan rambut cara mudah ambil daun alpukat yang masih muda beberapa lembar, daun alpukat tersebut ditumbuk lalu aplikasikan secara merata pada rambut dan biarkan hingga 10 menit kemudian segera keramas sampai bersih.

11. Mengatasi pegal linu, saat kita kelelahan karena terlalu banyak melakukan aktivitas maka tubuh akan mudah terasa pegal-pegal hal tersebut bisa hilang atau berkurang dengan memanfaatkan daun alpukat. Caranya bisa dengan menempelkan daun alpukat yang telah ditumbuk halus pada bagian tubuh yang pegal, selain itu bisa juga dengan meminum ramuan herbal dari daun alpukat.

12. Mencegah Osteoporosis, meski belum diteliti lebih lanjut tapi daun alpukat juga dipercaya dapat mencegah penyakit osteoporosis. Dengan meminum air rebusannya secara rutin maka kesehatan tulang akan selalu terjaga, jika tulang menjadi kuat maka kemungkinan terjadinya osteoporosis akan semakin kecil.

13. Dapat mengatasi penyakit disentri, daun alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit disentri. Seperti yang kita ketahui penyakit disentri juga dapat membahayakan keselamatan jiwa oleh karena itu tidak ada salahnya menggunakan daun alpukat agar penyakit disentri dapat sembuh.

14. Meredakan penyakit asma, rasa sesak yang muncul akibat penyakit asma sungguh sangat menyakitkan Jika anda ingin gejala yang ditimbulkan cepat mereda, kita bisa menggunakan daun alpukat caranya hanya merebus daun alpukat hingga mendidih lalu diminum airnya.


selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 Comments