Manfaat Daun Ciplukan dan Cara Mengolahnya Untuk Obat - GALISEHAT Manfaat Daun Ciplukan dan Cara Mengolahnya Untuk Obat

Manfaat Daun Ciplukan dan Cara Mengolahnya Untuk Obat

Pernahkah Anda mendengar tentang buah ciplukan? bagi Anda yang masih asing mendengarnya buah ciplukan sebenarnya adalah sejenis tanaman liar yang tumbuh di semak-semak atau lahan sawah. Tak jarang ciplukan dianggap sebagai tumbuhan pengganggu tanaman palawija di desa-desa namun, seperti kata pepatah lama di balik penampilan yang layaknya seperti tanaman liar dan pengganggu itu ternyata ciplukan memiliki berbagai manfaat yang sangat berguna untuk tubuh. Apa saja manfaat dari buah ciplukan langsung saja kita bahas satu persatu satu.


Manfaat Daun Ciplukan Untuk Obat
galisehat.com



1. Mengobati penyakit kulit, jika terkena penyakit kulit seperti bisul dan kurap tidak perlu buru-buru menggunakan obat dari apotek kita dapat mencoba cara alami dari tanaman ciplukan ini yang tentunya jauh lebih alami dan aman karena tanpa bahan kimia. caranya, anda hanya perlu melumatkan daun ciplukan sampai lembut, lalu oleskan ke bagian yang terkena penyakit kulit itu.

2. Mengobati flu dan demam, sebentar panas sebentar hujan mungkin keadaan itu tidak asing lagi bagi kita di mana perubahan cuaca terjadi begitu ekstrem. Situasi ini membuat kita lebih rentan terkena berbagai penyakit terutama flu dan demam walaupun termasuk penyakit ringan, tetapi sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. namun jangan khawatir, memakan beberapa buah ciplukan dapat membantu meredakan gejala flu dan demam. Selain itu anda dapat meminum air rebusan daun ciplukan untuk mempercepat penyembuhan.

3. Mencegah penuaan dini, awet muda adalah dambaan hampir setiap wanita tak jarang para wanita rela merogoh kocek besar demi membeli berbagai produk kecantikan. Untuk melawan penuaan dini, namun siapa sangka ternyata buah ciplukan pun dapat membantu mencegah penuaan dini. Buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membentuk pola dan dengan begitu, kulit anda akan terhindar dari kerutan keriput yang datang sebelum waktunya.

4. Menurunkan darah tinggi, anda dapat mengkonsumsinya dengan merebus ciplukan kering ke dalam air sekitar 250 ml. Jangan lupa disaring sebelum meminumnya supaya tidak tertinggal ampas-ampas dalam minuman. Untuk hasil yang maksimal anda dapat mengkonsumsinya secara teratur setiap pagi dan sore.

5. Mengobati penyakit paru-paru basah, masih sebagai obat tanaman ciplukan dipercaya dapat mengobati penyakit paru-paru basah atau bronkitis. Ciplukan dapat dikonsumsi dengan keseluruhan bagian tanaman dari akar hingga buahnya, tanaman ciplukan yang telah dicuci bersih kemudian direbus sehingga menjadi minuman herbal. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya minum rebusan ciplukan ini tiga kali dalam sehari.

6. Mengobati kanker payudara, kanker payudara masih menjadi momok yang menakutkan bagi wanita Penyakit ini masih menjadi pembunuh nomor satu yang mengintai para wanita. Oleh karena itu, kita perlu melakukan berbagai tindakan preventif sebelum kanker payudara datang. Buah ciplukan dapat menjadi solusi karena mengandung senyawa salin dan metaloid kedua senyawa ini bersifat antikanker dan dapat menghambat serta mencegah tumbuhnya sel-sel kanker payudara.

7. Menurunkan kolesterol, kolesterol tinggi merupakan salah satu ancaman yang menakutkan bagi banyak orang karena dapat memicu munculnya penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke. Tak jarang pula orang merasa tenang dari ancaman kolesterol tinggi karena, jangan salah orang kurus pun dapat terkena kolesterol jika asupan dan pola makannya tidak baik. Mengkonsumsi buah ciplukan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dengan kandungan asam oleat linoleat yang ada di dalamnya.



Ternyata banyak sekali manfaat dari buah ciplukan. Anda dapat menanam buah ini di sekitar pekarangan rumah karena tanaman ini termasuk mudah tumbuh dengan begitu saja. Anda dapat lebih mudah mengkonsumsi tanaman kecil yang memiliki berbagai manfaat ini demi hidup yang lebih sehat tidak apa jika harus repot sedikit semoga bermanfaat.

0 Comments