Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya - Gali Sehat Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Mengkudu memiliki khasiat untuk merangsang respon pembentukan kekebaan tubuh, membersihkan darah, mengatur fungsi sel, regenerasi sel rusak dan menghambat pertumbuhan tumor. Fitokimia zat-zat alami yang terdapat pada mengkudu memiliki khasiat untuk pencegahan penyakit dan kaya akan kandungan antioksidan. Mengkudu memiliki spektrum fitokimia yang sangat luas, beberapa diantaranya hanya terdapat didalam mengkudu. Fitokimia tersebut bersinergi satu dengan yang lain untuk menghasilkan khasiat penyembuhan yang mengagumkan.


Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan
galisehat.com



Inilah beberapa manfaat mengkudu yang sudah terbukti secara ilmiah.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Sari buah mengkudu dapat merangsang produksi sel T dalam sistem kekebalan tubuh. Sel T berperan penting dalam melawan penyakit, memperkuat sistem kekebalan tubuh terutama makrofaset dan limfosit.


  • Menormalkan tekanan darah

Buah mengkudu dapat berinteraksi sinergis dengan nutraceuticals, yaitu makanan yang berfungsi untuk pengobatan, untuk mengatur tekanan darah tinggi menjadi normal tetapi tidak menurunkan tekanan darah yang sudah normal.


  • Menghilangkan rasa sakit

Buah mengkudu dapat menghilangkan rasa sakit, hal ini dikaitkan dengan adanya kemampuan xeronine menormalkan protein pada sel-sel yang abnormal, termasuk sel-sel jaringan otak tempat berasalnya rasa sakit.


  • Anti peradangan dan anti alergi

Sari buah mengkudu terbukti dapat menyembuhkan peradangan sendi karena mengandung senyawa scopoletin yang sangat efektif sebagai zat anti radang dan anti alergi.


  • Anti bakteri

Buah mengkudu mengandung bahan anti bakteri yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit seperti jantung dan masalah pencernaan. Senyawa antraquinon yang banyak terdapat pada akar mengkudu ternyata dapat melawan bakteri yang menyebabkan infeksi pada jantung dan disentri.


  • Mengatur suasana hati (mood)

Buah mengkudu membantu mengatur kegiatan tubuh seperti tidur, regulasi suhu badan, suasana hati (mood), masa pubertas, siklus produksi sel telur, rasa lapar dan prilaku seksual.


  • Mengatur energi tubuh

Buah mengkudu dapat menstabilkan gula darah, mengurangi rasa sakit waktu menstruasi, mengurangi keinginan buang air kecil pada malam hari dan untuk pria yang mengalami pembengkakan prostat.


Selain itu, ada juga khasiat mengkudu untuk mengobati beberapa penyakit beserta cara mengolahnya. 

1. Demam, masuk angin dan flu
Bahannya: satu buah mengkudu, satu rimpang kencur.
Cara pengolahannya: Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

2. Batuk
Bahannya: satu buah mengkudu, ½ genggam daun bujanggut.
Cara pengolahannya: Kedua bahan tersebut direbus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

3. Sakit perut
Bahannya: 2-3 daun mengkudu
Cara pengolahannya: Ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin disaring dan diminum.

4. Menghilangkan sisik pada kaki
Bahannya: buah mengkudu yang sudah masak dipohon
Cara pengolahannya: Bagian kaki yang besisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

5. Hipertensi
Bahannya: dua buah mengkudu yang telah masak dipohon, satu sendok makan madu.
Cara pengolahannya: Peras buah mengkudu untuk diambil airnya. Kemudian dicampur dengan madu diaduk merata dan disaring. Lalu minumlah dan ulangi selama dua hari sekali.

6. Penyakit asam urat dan kolesterol tinggi
Bahannya: air, jahe, kunyit, kapulaga, cengkeh, daun sirih, kayu manis.
Cara pengolahannya:

  • Ambil airnya ditambah dengan jahe, kunyit, kapulaga, cengkeh, daun sirih dan kayu manis setelah itu direbus.
  • Jahe, kunyit dipotong-potong ukuran sedang agar sari patinya cepat keluar.
  • Gunakan api yang sedang
  • Setelah 20 menit, ramuan olahan buah mengkudu tersebut siap diminum.
  • Dianjurkan diminum setiap pagi setelah bangun tidur dan ½ jam berikutnya jangan makan apapun.

Saat ini telah tersedia sari ekstrak mengkudu. Bagi yang ingin menjaga kesehatan, maka konsumsi ekstrak ini juga. Sebaiknya orang yang menjalani perawatan kesehatan memberitahukan pada dokternya bila ingin mengonsumsi sari ekstrak mengkudu.

Ketika anak-anak memasuki usia belasan, akan sangat menguntungkan bila mereka mulai dibiasakan mengonsumsi sari ekstrak mengkudu setiap hari. Karena dapat membantu mengatasi banyak proses transisi atau perubahan yang sedang dialami. Sari ekstrak mengkudu dapat menbantu menghaluskan kulit mereka yang mulai ditumbuhi jerawat, menstabilkan suasana hati (mood), dan mempercepat masa penyembuhan akibat kecelakaan.



itulah beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu yang bisa anda praktikan dirumah. semoga bermanfaat.


0 Comments