Follow Us

Manfaat Mpasi Belut Untuk Bayi 6 Bulan

Post a comment
Belut atau juga disebut lindung, biasanya hidup di sawah-sawah atau tepian sungai yang banyak lumpurnya, danau, parit dan rawa. Belut sering bergerak atau keluar di malam hari. Siang hari bersembunyi didalam lubang lumpur perairan atau celah-celah batu tanggul.

Pada jaman dulu belut digunakan untuk memukul kaki anak kecil yang belum bisa berjalan (memukulnya pelan dan ringan saja atau tidak menyakitkan). Menurut kepercayaan, anak kecil yang rentan dan tidak lekas dapat berjalan jika di pukul (disabet) dengan belut maka anak tersebut lekas bisa berjalan. Cara menyabetkan sebagai berikut: belut di pegang kepalanya, lalu badan dan ekornya disabetkan ke betis atau kaki ke anak kecil. Selain itu, belut juga baik untuk bayi yang masih berumur 6 bulan.



galisehat.com


Berikut adalah manfaat belut untuk bayi yang berumur 6 bulan.

1. Membuat bayi lebih berenergi

Kandungan kalori yang tinggi pada belut bisa membantu bayi mendapatkan energi yang cukup. Setidaknya ditemukan 300 kkal per 100 gram daging belut. Tapi anda tidak bisa memberikan dalam jumlah banyak karena bayi anda mungkin bisa mengalami reaksi pencernaan yang tidak nyaman.

2. Meningkatkan fungsi otot bayi

Bayi memiliki sistem perkembangan otot yang sangat sehat jika sering diberi belut. Hal ini karena belut mengandung asam amino yang bekerja untuk meningkatkan fungsi otot ini berarti sangat baik untuk membuat bayi memiliki keseimbangan tubuh yang baik.

3. Membangun sel darah merah

Bayi anda bisa memiliki sel darah yang sehat sehingga tidak mudah terkena anemia. Protein dalam ikan belut setidaknya berjumlah 18,7 gram per 100 gram daging. Jumlah ini bisa mencukupi kebutuhan bayi yang sedang masuk dalam masa pertumbuhan.

4. Meningkatkan pertumbuhan tulang

Belut kaya dengan mineral kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini bekerja untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh bayi dan menjaga agar perkembangan tulang bayi bisa terjaga. Mineral ini juga bekerja menjaga agar pertumbuhan jaringan tubuh bayi tetap normal sesuai usianya.

5. Meningkatkan kecerdasan bayi

Belut mengandung nutrisi asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 yang baik untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan kecerdasan bayi. Nutrisi ini berfungsi meningkatkan sel-sel dalam otak bayi dan menjaga agar bayi bisa memiliki keseimbangan fungsi syaraf otak yang baik.

6. Membantu mencegah alergi

Bayi bisa terkena alergi dari beberapa sebab, misalnya dari riwayat keluarga. Alergi juga bisa terjadi akibat masalah kondisi sistem kekebalan tubuh. Asam lemak omega 3 dalam belut sangat baik untuk mencegah alergi, terutama untuk bayi yang berusia lebih dari 9 bulan.

7. Meningkatkan berat badan bayi

Jika bayi lahir dengan berat badan rendah, maka belut bisa membantu meningkatkan berat badan bayi. Belut kaya sumber protein, lemak sehat dan mineral yang lengkap. Rasa belut yang gurih biasanya juga bisa meningkatkan nafsu makan bayi.

8. Sumber vitamin B12 alami bayi

Vitamin B12 sangat penting untuk mengatasi masalah alergi terkait asma. Mengatasi masalah peredaran darah dalam tubuh, mencegah kerusakan fungsi DNA, menjaga sistem syaraf dalam tubuh bayi, dan membuat bayi lebih aktif karena memiliki sel darah merah yang cukup.


Tips memberikan belut pada bayi

  • Pertama anda harus mencoba untuk menguji apakah bayi anda mengalami alergi terhadap ikan atau tidak.
  • Masak belut hingga benar-benar masak
  • Cobalah memasak belut dengan mencampurnya dalam bubur bayi agar bisa mudah dicerna.
  • Jangan memberikan belut goreng pada bayi karena ini sangat berbahaya untuk pencernaan bayi.
  • Jangan memberikan hidangan belut yang masih mengandung duri.
  • Jangan memberikan belut secara terus menerus karena bisa membuat bayi bosan.


Itulah manfaat belut untuk bayi yang berumur 6 bulan yang bisa anda coba praktikan di rumah. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a comment