Follow Us

Ramuan Wedang Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Post a comment
galisehat.com


Jahe merupakan tanaman rimpang yang terkenal sebagai minuman penghangat tubuh. Tanaman herbal ini menjadi salah satu menu minuman favorit banyak orang. Apalagi diseduh selagi masih hangat, kenikmatannya terasa hingga ke tulang rusuk. Jahe juga banyak dimanfaatkan sebagai jamu atau obat tradisional, bumbu masakan, dan campuran dalam minuman.

Jahe memiliki sejarah panjang manfaat kesehatan, termasuk menghilangkan rasa mual, masalah pencernaan, dan rasa sakit. Bagian tanaman yang paling sering digunakan untuk tujuan pengobatan adalah akar atau umbi, yang dikenal sebagai rimpang. Dapat dikonsumsi langsung, dalam bentuk bubuk, dikeringkan untuk jadi bumbu, atau digunakan dalam bentuk minyak atau jus.

Berdasarkan bentuk, warna serta ukurannya, jahe tebagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Jahe putih (jahe kuning kecil) yaitu jenis jahe yang mempunyai rasa pedas lebih tajam dari pada jenis jahe lainnya. Jahe jenis ini sering juga disebut dengan jahe ‘sunti’ atau jahe emprit.
  • Jahe merah merupakan jenis jahe yang mempunyai rimpang dengan ukuran terkecil dibandingkan jenis jahe lainnya. Jahe jenis ini berwarna merah.
  • Jahe kuning besar merupakan jahe yang mempunyai ukuran paling besar. Oleh sebab itu, jahe ini sering disebut dengan jahe gajah atau jahe badak.

Beberapa khasiat jahe diantaranya:
Seperti tanaman obat lain, jahe juga ampuh menumpah berbagai penyakit didalam tubuh. Jahe mempunyai beberapa aktivitas anti alergi, anti alkohol, anti kanker, anti inflamasi, anti penggumpalan darah, anti emetik, anti depresan, anti tusif, anti mikroba, serta anti oksidan sehingga bermanfaat dalam penyembuhan berbagai penyakit, diantaranya:

  • Jahe mampu meluruhkan kentut (bersifat karminatif)
  • Mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh
  • Dapat mengobati sakit nyeri / meredakan rasa nyeri
  • Mampu meningkatkan nafsu makan (bersifat stomakik)
  • Membantu memperlancar produksi asi 
  • Mampu meringankan kram perut pada saat menstruasi
  • Dapat mengobati sakit batuk


Tanaman jahe yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian rimpangnya, baik dibuat ramuan tunggal maupun dicampur dengan tanaman herbal lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat jahe yang baik untuk tubuh.

1. Mengatasi stroke
Bahannya:

  • jahe merah 20 gram, 
  • pule pandak 20 gram, 
  • daun ciremai 20 gram, mengkudu 40 gram, dan air 4 gelas.

pengolahannya:
Semua bahan dicuci sampai bersih, lalu dihaluskan sampai lembut. Masukan dalam wadah, kemudian rebus dengan air 4 gelas sampai air rebusannya menjadi 1,5 gelas. Lalu saring
Diminum tiga kali sehari, yaitu pagi, siang dan sore sesudah makan. Sekali minum takarannya setengah gelas.

2. Jahe meredakan masalah pencernaan
Senyawa fenolik dalam jahe telah terbukti membantu meringankan iritasi pada saluran pencernaan. Mereka membantu untuk merangsang produksi air liur dan empedu selagi memungkinkan makanan dan cairan untuk berjalan melalui saluran pencernaan dengan lebih lancar. Dalam sebuah studi dari 24 orang yang sehat, mengonsumsi 1,2 gram bubuk jahe sebelum makan mempercepat mengosongkan perut, mengurangi gangguan pencernaan hingga 50%.

3. Meredakan mual
Minum teh jahe atau bahkan mengkonsumsi jahe mentah adalah obat rumah yang umum dan aman untuk mual, terutama selama perawatan kanker atau kehamilan dan morning sickness. Sebuah ulasan dari 12 penelitian yang mencakup total satu, 278 wanita hamil menemukan bahwa 1,1-1,5 gram jahe mengurangi mual secara signifikan.

4. Dapat meredakan nyeri
Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia menemukan bahwa asupan jahe harian mengurangi nyeri otot sebesar 25%. Jahe juga telah ditemukan untuk mengurangi rasa sakit selama siklus menstruasi. Para peneliti juga percaya bahwa jahe efektif untuk mengurangi perkembangan nyeri otot sehari-hari.

5. Mengurangi peradangan
Osteoarthritis adalah masalah kesehatan umum yang melibatkan degenerasi sendi di tubuh, menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan. Dalam percobaan 247 orang dengan osteoarthritis lutut, mereka yang mengonsumsi ekstrak jahe berkurang rasa sakitnya dan membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit.

6. Mengurangi resiko penyakit jantung
Dalam penelitian terbaru yang melibatkan peserta dengan diabetes tipe 2, peneliti menemukan bahwa 2 gram serbuk jahe setiap hari menurunkan gula darah dan mengurangi keseluruhan gula darah sebanyak 10% dalam periode 12 minggu. Tingginya gula darah meupakan faktor resiko utama untuk penyakit jantung. Dengan efek jahe pada gula darah, resiko penyakit jantung anda dapat diturunkan hingga 10%.

7. Menurunkan kadar kolesterol
Studi selama 45 hari yang melibatkan 85 orang dengan kolesterol tinggi menyimpulkan bahwa 3 gram serbuk jahe setiap hari menyebabkan penurunan kadar kolesterol secara signifikan. Para peneliti percaya bahwa jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung.

8. Mempunyai sifat anti kanker
Suatu zat dalam jahe yang dikenal sebagai 6-gingerol telah diteliti sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa jenis kanker. Penelitian tentang teori ini masih sedang dilakukan, tetapi dalam sebuah studi ditemukan bahwa 2 gram ekstrak jahe setiap hari mengurangi molekul pemberi sinyal pembengkakan di usus besar secara signifikan.

9. Meningkatkan fungsi otak 
Stres oksidatif dan peradangan kronis adalah 2 faktor yang dapat mempercepat proses penuaan, dan menjadi pendorong utama penyakit Alzheimer dan gangguan kognitif karena usia lainnya. Beberapa penelitian menganjurkan bahwa antioksidan dan senyawa bioaktif pada jahe dapat menghambat respon pembengkakan yang terjadi diotak. Dalam sebuah penelitian terhadap wanita paruh baya, ekstrak jahe terbukti meningkatkan waktu reaksi dan memori kerja, menunjukkan bahwa jahe mendukung kesehatan otak dengan berbagai cara.


Itulah beberapa manfaat jahe yang baik untuk kesehatan tubuh, semoga bisa menambah wawasan pengetahuan anda.


Related Posts

Post a comment