Main HP Berjam-jam, Berdampak Negatif Bagi Kesehatan Tubuh - GALISEHAT Main HP Berjam-jam, Berdampak Negatif Bagi Kesehatan Tubuh

Main HP Berjam-jam, Berdampak Negatif Bagi Kesehatan Tubuh

Dampak Negatif HP Bagi Tubuh


Handphone adalah alat komunikasi yang tidak pernah lepas dari tangan. Selain untuk komunikasi, alat ini juga sebagai media informasi, bisnis, bermain game dan yang lainnya yang sudah menjadi suatu kebutuhan bagi si penggunanya. hampir 100% anak-anak, remaja, dan orang tua mempunyai handphone. Dengan banyaknya handphone yang sangat murah tentunya semua orang pasti ingin memilikinya. Namun, tahukah anda bahwa keseringan main HP berjam-jam itu berdampak negatif bagi kesehatan.

1. Kerusakan mata
Mata adalah alat indra yang paling penting bagi manusia jika kita tidak bisa menjaganya dengan baik maka mata kalian akan berdampak kurang baik. Apalagi kalau sering melihat layar handphone yang terlalu dekat, mata kalian akan langsung terasa perih. Untuk itu, agar mata tetap sehat cobalah kurangi waktu bermain handphone karena itu sangat berdampak buruk untuk kesehatan mata.

2. Otak menjadi lelah
Kebanyakan orang bermain handphone tidak inget waktu entah itu bermain game, menonton video atau bersosial media lainnya. Sehingga waktu yang seharusnya untuk beristirahat pun menjadi terganggu. Kelelahan otak bisa terjadi akibat kurangnya tidur dan aktivitas belajar atau bekerja pun menjadi terganggu. Akibat kelelahan pada mata kepala pun menjadi ikutan pusing yang berdampak dari kurangnya tidur tadi sebaiknya, gunakan waktu istirahat kalian untuk tidur agar ketika bangun di pagi hari mata kalian terasa fresh dan segar. Usahakan jangan terbiasa bermain handphone terlalu lama supaya otak kalian tidak terlalu kelelahan dan segala aktivitas kalian tidak terganggu.

3. Gangguan pada syaraf mata
Gangguan pada syaraf mata memang sering terjadi pada orang yang keasikan bermain handphone tanpa henti. Kerusakan pada syaraf mata bisa menghasilkan pandangan mata kalian kurang jelas, namun seiring waktu mata kalian menjadi normal seperti biasanya tanpa ada gangguan apapun. Padahal itu sudah jelas kalau kalian sudah merasakan seperti itu berarti syaraf mata kalian sudah terganggu dan rusak. Tanpa adanya syaraf mata, indra mata tidak akan berjalan sesuai dengan fingsinya. Gangguan syaraf mata mulai terjadi ketika cairan yang mengalir menuju bola mata, kurangi efek cahaya di smartphone kamu demi keselamatan mata kalian agar tidak terjadi kerusakan atau pembengkakan pada syaraf mata.

4. Perubahan bentuk tulang
Tanpa kalian sadari perubahan bentuk tulang terjadi  ketika kalian terlalu asik bermain handphone. Ketika kalian main smartphone sambil tiduran tentunya bisa berakibat fatal terutama pada bagian tulang leher. Apalagi ketika bermain game pasti kalian sering mengalami pegal pada seluruh tubuh kalian, itu disebabkan karena posisi duduk atau posisi tidur tidak teratur. Jika kalian terus-terusan membiarkan kebiasaan buruk itu sebaiknya jangan dilakukan lagi karena sedikit demi sedikit bakal ada perubahan tulang pada tubuh kalian.

5. Timbul kecanduan
Kecanduan bermain handphone sudah menjadi kebiasaan, setiap menit bahkan tidak berhenti tangan kalian memegang handphone untuk berselancar internet atau yang lainnya. Tidak hanya itu kecanduan bermain handphone juga dapat merugikan diri sendiri karena kita membuang-buang waktu yang sangat berharga dan menyebabkan kurangnya interaksi sosial dengan orang lain. Orang seperti ini hanya akan berada didalam kamar atau dirumah saja tanpa bersosialisasi secara langsung dengan orang-orang disekitarnya. Orang yang asik menggunakan smartphonenya setiap saat selalu asik dengan dunianya sendiri, cara mengatasi kecanduan bermain handphone memang sedikit sulit bagi kalian yang sudah terbiasa maka dari itu tinggalkan kebiasaan buruk itu secara perlahan-lahan supaya kalian tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.


Nah itulah 5 dampak negatif jika kalian sering bermain handphone berjam-jam, mulai sekarang kurangi main HP atau handphone kalian, bukan melarang tapi ada batasan waktunya toh itu juga untuk kesehatan kita semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.


0 Comments