Manfaat Daun Pandan dan Cara Mengolahnya - Gali Sehat Manfaat Daun Pandan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Pandan dan Cara Mengolahnya

manfaat-daun-pandan-dan-cara-mengolahnya


Siapa yang tidak mengetahui daun pandan? Selain bau wanginya yang khas, sangat banyak sekali manfaat daun pandan yang biasanya selalu mendominasi warna hijau pada setiap kuliner yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara. Selain untuk makanan, daun pandan ini juga bisa dijumpai sebagai bagian dalam rangkaian bunga di pesta perkawinan.

Tumbuhan yang mudah sekali dijumpai dan tumbuh liar di setiap pekarangan rumah dan selokan-selokan yang teduh. Daun yang memanjang seperti daun palem dan tersusun dengan roset dan rapat. Akarnya yang besar mampu menopang tumbuhan yang mampu tumbuh sampai 60 cm tiap daunnya. Beberapa jenis dari daun pandan ini memiliki bentuk daun yang bergerigi.
Sebagai tanaman herbal tanaman yang memiliki nama latin Pandanus amaryllifolius Roxb, memiliki banyak sekali manfaat daun pandan ini selain hal yang sudah disebutkan diatas. Diantaranya:

1. Menghilangkan Ketombe
Tumbuk daun pandan sampai halus, peras dan saring hingga terdapat perasan (sari) dari daun pandan tersebut. Oleskan ke bagian rambut yang memiliki ketombe. Lakukan setiap hari sampai ketombe hilang.

2. Menghitamkan Rambut
Ambillah 10 lembar daun pandan, kemudian potong-potong menjadi 2-3 cm. Rebus daun tadi dengan 2 gelas air putih sampai didapat 1 gelas air rebusan. Kemudian diamkan semalam (diembunkan).

Masak 3 buah mengkudu, parut dan peras. Kemudian campur air perasan buah mengkudu tadi dengan air pandan yang sudah diembunkan sebelumnya. Pakai sebagai sampo dan dilakukan 3-4 kali dalam seminggu.

3. Rambut Rontok
Selembar daun pandan, segenggam daun urang-aring, sekuntum bunga mawar, 5 lembar daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, dan 10 lembar daun waru segar. Cuci bersih dan dipotong secukupnya. Masukkan kedalam panci lalu tambahkan minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri, masing-masing setengah cangkir.

Masak hingga mendidih dan diangkat, saring setelah dingin. Dan gunakan dengan mengoles minyak tadi ke kulit kepala sambil sedikit di pijat. Lakukan malam hari sebelum tidur dan dikeramas keesokan harinya. Lakukan seminggu 2-3 kali hingga sembuh.

4. Menurunkan Darah Tinggi
Rebus daun pandan dengan 2 gelas air putih sampai menjadi 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut setiap pagi dan sore hari untuk menjaga agar darah tinggi anda tetap normal.

5. Obat Penenang Alami
Ambil 3 lembar daun pandan dan seduh dengan segelas air hangat. Tambahkan madu bila suka dan minum selagi hangat.

6. Rematik dan Pegal Linu
Iris tipis 3 lembar daun pandan kemudian campur dengan setengah minyak kelapa panas yang diseduh sebelumnya, aduk-aduk sampai daun pandan menjadi layu kemudian dinginkan.
Campurkan ramuan minyak tadi dengan minyak kayu putih kemudian oleskan ke bagian yang terkena rematik atau pegal linu.

7. Menambah Nafsu Makan
Ambil 2 lembar daun pandan lalu rebus dengan 2 gelas air putih sampai menjadi 1 gelas saja. Minum setiap pagi dan sore hari. Tambahkan dengan madu sebagai penambah rasa manis.

8. Lemah Syahwat
Potong kecil-kecil 3 lembar daun pandan segar, cuci dan rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Saring dan minum pagi dan sore setelah makan.

9. Lemah Saraf
Cuci lalu potong-potong 3 lembar daun pandan segar. Rebus dengan 3 kelas air sampai menjadi 2 gelas air. Saring ketika dingin lalu diminun setiap pagi dan sore hari.

Semoga berguna dan bisa di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Silakan dicoba di rumah.

0 Comments